Jalan-Jalan di sekitar Desa Salurang

Desa Salurang terletak di Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe (Sulawesi Utara). Dari Tahuna (Ibu Kota Kab. Kepulauan Sangihe), Desa Salurang dapat ditempuh kurang lebih 2 jam.

Tanggal 1 Februari 2012 di pagi hari agak sedikit mendung terlintas dipikiran saya untuk mengambil foto - foto dokumentasi di sekitar Desa Salurang. Foto - foto tersebut nantinya akan saya jadikan kenang - kenangan sekaligus bukti visual, bahwa di Kabupaten Kepulauan Sangihe terdapat banyak tempat - tempat indah yang dapat dijadikan objek wisata. Salah satu contohnya adalah Desa Salurang, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah.
     Dengan hanya bermodalkan HP Kamera Nokia tipe 5130, rencananya saya akan mengambil gambar pemandangan di sekitar Desa Salurang. Saya setting dulu pengaturan kamera di Nokia 5130 yaitu dengan  ukuran resolusi gambarnya: 1200x1600 pixels. Ini semua dilakukan untuk memaksimalkan kinerja kamera nokia 5130, sebab nokia 5130 resolusi kameranya hanya 2 MP.
      Setelah Persiapan dokumentasi saya rasa sudah cukup, saya pun memulai langkah untuk mendaki ke puncak pegunungan. Pertama saya mengambil foto pohon - pohon Bakau yang tampak dari atas pegunungan Desa Salurang. Di Desa Salurang ini memang banyak sekali terdapat pohon Bakau.

Kemudian saya mengambil foto pemandangan laut di Desa Salurang, diambil dari puncak pegunungan di atas desa tersebut.
     Selanjutnya rumah - rumah penduduk  Desa Salurang, tampak dari puncak pegunungan........

Sekitar pukul 09.00 wita dengan menggunakan perahu saya pergi ke suatu tempat yang bernama Tine. Karena sesuai dengan rencana selama perjalanan ke Tine saya akan mengambil gambar pohon - pohon Bakau dari dekat. Menyusuri lorong - lorong pohon Bakau yang kadang - kadang terdapat lorong yang cukup sempit, dengan menggunakan perahu perjalanan ke Tine pun dimulai. Ini adalah beberapa foto  hutan Bakau yang saya ambil selama perjalanan ke Tine

Setelah sampai di Tine, saya kembali melanjutkan perjalanan ke Bawaunang. Rencananya saya akan melihat  pemandangan di sekitar pantai Bawaunang. Pantai Bawaunang merupakan pantai yang indah dan berpasir putih bersih. Menyusuri hutan, sungai - sungai kecil, naik gunung turun gunung, semuanya saya lalui untuk sampai ke Pantai  Bawaunang.

Kurang lebih 30 menit akhirnya saya sampai di pantai Bawaunang. Rasa lelah  selama perjalanan seakan terasa hilang saat saya melihat betapa indahnya pantai berpasir putih tersebut. Saya pun bersantai di pantai Bawaunang, sambil menikmati ombak yang saling kejar - kejaran di tepi pantai Bawaunang. Melihat pulau - pulau yang tampak dari tepi pantai, seperti pulau Beeng Darat dan Laut. Pokoknya mantap deh...............

Setelah puas bersantai di pantai   Bawaunang, saya kembali ke Tine, kemudian naik perahu ke Desa Salurang lagi.

Keesokan harinya, tanggal 2 Februari 2012 jam 09.00 wita saya kembali mengambil foto di sekitar Desa Salurang.

Pada jam 14.00 wita saya memulai perjalanan untuk berkunjung  ke pantai Malahi. Kali ini saya melakukan perjalanan darat. oh iya, jalan darat menuju pantai Malahi ini juga menuju ke Pantai Bawaunang (Pantai yang saya kunjungi satu hari sebelumnya). Jarak pantai Bawaunang dari Desa Salurang itu jika ditempuh dengan perjalanan darat yaitu sekitar 3 KM.
     Sementara perjalanan ke Malahi, saya melihat ada sebuah pantai berpasir putih yang luasnya lumayan kecil. Pantai itu adalah Pantai Kutu. Dengan menuruni jurang yang cukup terjal saya pun sampai di Pantai Kutu. ini adalah beberapa foto di Pantai Kutu....

Dari Pantai Kutu saya kembali melanjutkan perjalanan ke Pantai Malahi.

Setelah berjalan naik gunung, kemudian turun gunung dan seterusnya, akhirnya sampai juga di Pantai Malahi. Wah....... pemandangannya begitu indah.......... Alangkah indahnya Ciptaan Tuhan..........
     Pantai Malahi adalah pantai yang berpasir putih bersih. Pantainya cukup panjang dan cukup luas. Berikut ini foto - foto di Pantai Malahi.............

Saya pun bersantai sambil refreshing di Pantai Malahi. Maklum sahabat, pada tanggal 3 Februari 2012 saya akan meninggalkan Desa Salurang. Entah kapan lagi saya bisa kembali menikmati pantai pasir putih saya kunjungi tersebut. Jadi, selama masih ada waktu......... yaaa Nikmatin aja......... hehehe.......
     OK Sahabat sekalian sekian dulu yach cerita singkat pengalamanku saat jalan-jalan di  sekitar Desa Salurang, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah ( Kab. Kepulauan Sangihe).