Tips Keamanan Facebook

     Untuk meningkatkan keamanan Facebook (FB) memang memerlukan banyak hal yang harus kita  lakukan. Sebab akun FB yang aman merupakan akun FB yang mampu mengantisipasi, bahkan menanggulangi serangan dari pihak - pihak yang ingin mencuri data, merusak akun, serta mengambil alih akun Facebook.



    Berikut ini ada beberapa tips keamanan FB yang saya rangkum dari berbagai sumber, pengalaman serta pengetahuan saya. Setelah di pikir - pikir, untuk mengamankan akun FB ternyata ribet juga. Kita harus melakukan beberapa bahkan banyak hal untuk menutupi semua celah keamanan yang dapat di bobol oleh Cracker. 

      Oleh sebab itu, disini saya tidak memaksa teman - teman sekalian untuk melakukan semua tips keamanan FB yang saya sampaikan. Sebab anda-lah yang menentukan standar keamanan mana yang pas atau tepat untuk akun FB anda. OK teman - teman langsung saja yach ke tips keamanan Facebook.........

Waspada dengan Keylogger
      Keylogger merupakan cara yang efektif bagi para Cracker untuk mencuri Username dan Password dari akun Facebook anda. Keylogger bisa merekam Username dan Password yang anda ketikan di Keyboard pada saat login ke Facebook. Cracker biasanya menginstal Keylogger ke Komputer targetnya.
     Untuk mengantisipasinya anda bisa mencari di Search Engine Google (www.google.com) dengan kata kunci misalnya: "Download Program Pembasmi Keylogger", "Download Software untuk menonaktifkan Keylogger", "Cara membasmi Keylogger", dan sebagainya........


Lihat dan Perhatikan Alamat pada saat Login ke Facebook

    Alamat Facebook yang asli adalah "www.facebook.com", hati - hati dengan alamat Facebook palsu. Sebab kadang cracker membuat halaman Facebook palsu menyerupai Facebook asli, tapi alamatnya palsu. Jadi sebelum Login perhatikan dulu alamat Facebooknya.

Aktifkan "Jelajah Aman" di Facebook

     Jika tidak mengaktifkan "Jelajah Aman" maka kita menggunakan HTTP, sedangkan jika "Jelajah Aman" diaktifkan kita menggunakan HTTPS. Truss apa bedanya menggunakan HTTP atau HTTPS ??? Mengunakan HTTP Data Paket Facebook yang dikirim tidak terenkripsi. Sedangkan dengan HTTPS Data Paket Facebook yang dikirim akan di enkripsi.
     Enkripsi merupakan proses untuk mengamankan suatu data yang disembunyikan dan menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca atau dimengerti, sehingga sangat susah dibaca/dimengerti oleh pihak - pihak yang ingin mengambil data facebook.
* Cara Aktifkan "Jelajah Aman" di Facebook
> Buka menu Pengaturan Akun
> Disebelah kiri Facebook klik menu Kemananan, Kemudian akan tampil Pengaturan Kemananan. Pada pilhan Jelajah Aman klik Sunting.

> Centang Jelajah Facebook pada Koneksi Aman, Klik Simpan Perubahan.


Sembunyikan Email Akun di Profil Facebook
     Email akun digunakan untuk mengakses Facebook. Namun Alamat Email Akun merupakan salah satu celah bagi Cracker untuk meng-hack Facebook.
     Selain itu, sekarang sudah beredar Software membekukan Email akun sehingga Facebook tidak bisa dibuka. Software ini hanya membutuhkan Alamat Email Akun tanpa perlu Passwordnya untuk membuat Facebook anda tidak dapat dibuka.
     Oleh sebab itu, sebaiknya jangan tampilkan Email akun di Profil Facebook. Kalaupun anda tetap ingin menampilkan alamat Email di Profil FB, Gunakan alamat Email lain, jangan Email akun.
*Cara Sembunyikan Email Akun
> Buka menu Profil Facebook anda
> Pada Info Kontak Anda klik sunting
> Kemudian pada pilhan Email akun, ganti dengan "Hanya Saya"


Password Facebook harus Kuat
     Password Facebook sebaiknya unik serta menggunakan kombinasi antara Huruf dan Angka, sehingga susah ditebak oleh orang lain.

Jangan Lupa Logout/Keluar dari Facebook
     Jika anda sudah selesai menggunakan Facebook, jangan lupa untuk Logout/Keluar dari Facebook anda.
     Untuk memastikan apakah anda sudah Logout atau belum, silakan kunjungi "www.facebook.com". Apabila ternyata anda belum Logout, biasanya tampilan FB akan langsung ke Beranda Facebook anda, Kemudian lakukan Logout/Keluar dari Facebook. Tapi jika ternyata sudah Logout Facebook akan meminta anda memasukan Username dan Password.

Hapus Alamat Email Akun di Username Facebook
     Ini khusus bagi teman - teman yang menggunakan Alamat Email Akun sebagai Username Facebook. Setelah anda Logout/Keluar dari Facebook, dikotak Username Facebook masih tersimpan Alamat Email Akun anda. Gunakan Tombol Panah Atas/Bawah di Keyboard cari alamat Email akun anda, kemudian tekan Tombol Delete di Keyboard. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan Alamat Akun anda dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab.


Hati - Hati dengan Link Jebakan atau Link Jahat
      Didalam Facebook kadang - kadang terdapat link untuk mengajak kita mengunjungi suatu Web atau Blog. Biasanya link tersebut terdapat di  Pesan Facebook, Dinding, Status dan Komentar. Sebelum mengklik link tersebut, kita harus menyelidiki dulu apakah ini dari sumber terpercaya atau bukan. Sebab bisa saja ada link jebakan, sehingga pada saat mengklik link tersebut semua data di Facebook kita dikuasai/diambil oleh pihak lain.
       Namun harus diingat pula bahwa tidak semua link di Facebook itu link jebakan atau link jahat. Bisa saja kan itu Link Baik yang memberitahu kita untuk mengunjungi suatu Web atau Blog sehingga kita dapat mengetahui suatu informasi yang penting.
    Jadi sebaiknya jangan mengklik link, jika link tersebut berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Kalaupun anda tetap ingin mengunjungi/mencoba link tersebut, sebaiknya copy dulu alamat link tersebut kemudian Logout/Keluar dari Facebook. Setelah itu Paste link tersebut di kotak Address Browser dan setelah itu tekan Enter di Keyboard.

Catatan :
Saya biasanya menyertakan Link di Facebook, Tetapi Link yang saya cantumkan bukan link jebakan atau link jahat. Saya hanya ingin berbagi informasi dengan teman - teman sekalian melalui link yang tercantum. Namun, semuanya itu tergantung teman - teman sekalian-lah yang menilai.... OK......


Hapus Semua History di Browser
      History di Browser merupakan salah satu celah yang dapat dimanfaatkan oleh cracker untuk masuk ke Facebook targetnya.
* Cara Hapus History di Browser Mozilla Firefox
Buka menu History > Show All History > Kemudian Delete

Buka menu Tools > Options > Klik tombol Saved Passwords > pilih Username anda > kemudian klik tombol Remove. Jika Username anda tidak ada berarti penyimpanan password/ursername di Mozilla tidak di aktifkan, anda keluar saja dari menu tersebut.

* Cara Hapus History di Browser Internet Explorer
Buka menu Tools > Internet Options > Tekan tombol Clear History > pilih Yes


Catatan :
Untuk Browser selain Internet Explorer dan Mozilla Firefox, menyesuaikan saja dengan menu yang ada. Atau anda dapat meminta petunjuk di Google Search Engine (www.google.com)

OK teman - teman sekian dulu tips kemanan Facebook yang dapat saya sampaikan untuk saat ini, dan nanti akan saya lanjutkan lagi di lain  waktu......

Josi@s n Friend's